Foke Janji MRT Takkan Molor

2011 Pembebasan Lahan, 2012 Pembangunan Fisik

Foke Janji MRT Takkan Molor
Foke Janji MRT Takkan Molor
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan, pembangunan mass rapid transit (MRT) tidak akan molor dan tetap sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pasalnya, keberadaan angkutan massal tersebut sangat vital dan mendesak di Jakarta. Sesuai jadwal katanya, sepanjang 2011, akan dilakukan pembebasan di Jalan Fatmawati untuk pembangunan stasiun MRT di bawah tanah. Selanjutnya, pada akhir 2011 dilakukan tender fisik, dan awal 2012 pembangunan fisik MRT bisa dimulai.

"MRT tetap akan dikerjakan sesuai schedule," kata Gubernur yang akrab disapa Foke itu. Menurutnya, pembangunan fisik MRT pada 2012 itu bersamaan dengan selesainya pembangunan jalan layang Antasari-Blok M. Sehingga katanya, jalan tersebut bisa menjadi alternatif saat ruas jalan jalur MRT tengah sibuk. Kemacetan yang mungkin terjadi bisa dialihkan ke jalan layang tersebut. Sehingga, beban jalan tidak terlalu berat selama pengerjaan angkutan massal berbasis rel itu berlangsung.

Dikatakan pula, saat ini seluruh persiapan teknis pembangunan MRT sudah siap. Termasuk upaya pembebasan lahan, sudah dalam proses. Seperti di Fatmawati, setelah lahan dibebaskan, akan segera dibangun stasiun MRT bawah tanah. Termasuk jalur keluar-masuk menuju stasiun MRT. Untuk ini, anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 300 miliar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono mengatakan, pembuatan desain teknis, pembebasan lahan di Jalan Fatmawati, juga pengaturan manajemen lalu lintas selama konstruksi di sepanjang jalur MRT, saat ini sudah berlangsung. Nantinya katanya, jalur MRT akan berada di pertengahan jalan. Sehingga untuk pengerjaan fisik jalurnya, akan ada pelebaran jalan dua meter untuk sisi kiri dan kanan. Hal tersebut dilakukan agar pasca rel MRT selesai dipasang, luas ruas jalan yang dilalui MRT tidak berkurang.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan, pembangunan mass rapid transit (MRT) tidak akan molor dan tetap sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News