Formula 1 Diambang Perpecahan

Delapan Tim FOTA Segera Luncurkan Seri Balap Tandingan

Formula 1 Diambang Perpecahan
Foto: REUTERS
PARIS - Formula 1 telah melangkah menuju perpecahan. Hingga deadline kompromi Jumat kemarin (19/6), tetap tidak ada kesepakatan antara federasi balap mobil dunia, FIA, dengan asosiasi tim F1, FOTA. Bahkan, delapan tim yang tergabung dalam FOTA telah memutuskan akan menyelenggarakan seri tandingan untuk musim 2010 nanti.

Dalam beberapa hari terakhir, upaya-upaya kompromi telah dilakukan. Baik oleh FIA maupun FOTA. Terakhir adalah Kamis lalu (18/6), saat delapan anggota FOTA melakukan pertemuan di markas Renault, di Enstone, Inggris.

Tim-tim itu adalah Ferrari, Renault, McLaren-Mercedes, Brawn-Mercedes, Toyota, Red Bull-Renault, Toro Rosso-Ferrari, dan BMW-Sauber.

Di sana, mereka membahas surat ultimatum dari FIA, yang meminta mereka semua mendaftarkan diri tanpa keberatan apa pun untuk musim 2010. Kalau mereka mau menuruti surat itu, maka FIA siap melakukan kompromi terhadap regulasi 2010. Khususnya yang berkaitan dengan budget cap (pembatasan anggaran), pemicu utama perseteruan ini.

PARIS - Formula 1 telah melangkah menuju perpecahan. Hingga deadline kompromi Jumat kemarin (19/6), tetap tidak ada kesepakatan antara federasi balap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News