Fraksi PKS Tuntut Menhub Mundur

Sehari Kecelakaan Kapal dan KA

Fraksi PKS Tuntut Menhub Mundur
Fraksi PKS Tuntut Menhub Mundur
JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR mendesak Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengundurkan diri. Menteri dari Partai Demokrat ini dinilai gagal membenahi transportasi massal sehingga kecelakaan yang menelan banyak korban tidak terhindarkan. Fredy juga mengabaikan dan lalai dalam mengimplementasikan Undang-undang Perkeretaapian dan Pelayaran.

"Tabrakan Kereta Api Mutiara-Kutojaya dan kebakaran KM Laut Teduh II adalah bukti ketidakberdayaan pemerintah untuk melakukan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan perkeretaapian dan pelayaran. Jika saran dan prasarananya memang laik, tentu musibah ini bisa dihindari. Kami mendesak agar Menteri Perhubungan mengundurkan diri," kata Sekretaris Fraksi PKS, KH Abdul Hakim di Jakarta, Jumat (28/1).

Bukti lain gagalnya Freddy yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini, kata Hakim, adalah tidak berperannya pemerintah sebagai regulator yang melakukan pembinaan terhadap operator dan penyelenggaran transportasi massal. Menurutnya, regulator dan operator di Pelabuhan Merak kerap melanggar aturan keselamatan pelayaran.

"Sudah berulangkali kami sampaikan kepada Pemerintah melalui Menhub agar segera membenahi transportasi massal kita mulai dari angkutan darat, laut, udara, dan kereta api. Tapi desakan itu hampir tidak pernah direalisasikan dalam bentuk konkret. Yang terkesan justru pemerintah sengaja membiarkan operator jalan sendiri tanpa pengawasan dan pembinaan," katanya.

JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR mendesak Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengundurkan diri. Menteri dari Partai Demokrat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News