Gamawan : Tak Penting Pidato Selalu Sebut Pancasila

Gamawan : Tak Penting Pidato Selalu Sebut Pancasila
Gamawan : Tak Penting Pidato Selalu Sebut Pancasila
JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi menganggap tidak penting menyebut kata 'Pancasila' dalam setiap pidato. Yang lebih penting, bagaimana perilaku keseharian mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

"Walau pun tak sering kita sebut, tapi perilaku harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Dari ujung rambut hingga ujung kaki, setiap tindak tanduk harus sesuai nilai-nilai Pancasila," ujar Gamawan Fauzi saat membuka acara Forum Penguatan Penghayatan Ideologi Pancasila, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (14/11).

Gamawan mengatakan, dulu di era pemerintahan Orde Baru, pidato seorang pejabat tidak afdol jika tidak berulang kali menyebut Pancasila. Namun, kritik terhadap rejim Orde Baru, adalah tiadanya kesamaan kata dengan perbuatan.

"Setiap pidato disebut Pancasila, Pancasila, Pancasila, tapi perilaku tak mencerminkan nilai-nilai Pancasila," kata Gamawan.

JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi menganggap tidak penting menyebut kata 'Pancasila' dalam setiap pidato. Yang lebih penting, bagaimana perilaku keseharian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News