Gandeng LG, Hyundai Resmi Memulai Produksi Baterai Mobil Listrik di Karawang

Gandeng LG, Hyundai Resmi Memulai Produksi Baterai Mobil Listrik di Karawang
Jokowi saat mengunjungi pabrik baterai mobil listrik PT. HLI Green Power, Karawang, Jabar. Foto: Hyundai

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan patungan Hyundai dan LG, PT. Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power meresmikan produksi sel baterai lokal di Indonesia, Karawang, Jawa Barat, pada Rabu.

Hyundai Motor Group telah memberikan investasi substansial mulai dari mengolah bahan baku, memproduksi sel baterai dan battery pack, memproduksi EV, dan mengembangkan jaringan stasiun pengisian daya nasional yang 100% dibuat di Indonesia.

Peresmian operasional produksi sel baterai di Karawang turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama jajaran menteri, dan juga perwakilan pemerintah Korea Selatan.

Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power merupakan pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas produksi 10 GWh dalam setahun.

Pabrik baterai yang berdiri di lahan seluas 319 ribu meter persegi itu dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 13,5 triliun.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, “Kompetisi kita dengan negara lain saya rasa bisa kita menangkan karena kita mempunyai tambangnya di sini mulai dari nikel, bauksit, tembaga, smelter, kemudian baterai EV dan pabrik mobilnya juga ada di sini yang terintegrasi dalam sebuah ekosistem mobil listrik."

Sel baterai ini akan dirakit menjadi battery pack oleh PT. Hyundai Energy Indonesia dan nantinya dimuat dalam kendaraan Hyundai Kona Electric buatan Indonesia.

Pabrik tersebut akan memproduksi hingga 50.000 Battery System Assemblies (BSA) untuk BEV setiap tahunnya.

Perusahaan patungan Hyundai dan LG, PT. Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power meresmikan produksi sel baterai lokal di Indonesia, Karawang, Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News