Gangguan PDN Bikin Panik, Komisi I: Kominfo Harus Menjelaskan ke Publik

Gangguan PDN Bikin Panik, Komisi I: Kominfo Harus Menjelaskan ke Publik
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setelah Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan pada pekan lalu yang berdampak ke pelayanan publik.

"Pemerintah dalam hal ini Kominfo harus menjelaskan kepada publik apa yang terjadi," kata Sukamta kepada awak media, Senin (24/6).

Legislator Fraksi PKS itu mengatakan publik saat ini jadi menduga-duga penyebab gangguan PDN setelah tak ada penjelasan dari Kominfo.

Misalnya, kata Sukamta, publik bisa menduga gangguan PDN karena serangan siber yang berpotensi merusak keamanan data.

"Hanya bisa menduga-duga dengan rasa khawatir, apa penyebab gangguan tersebut, serangan siberkah atau gangguan sistem dari internal dan bagaimana kondisi data-data yang ada," kata dia.

Sukamta mengingatkan PDN saat ini menjadi instrumen strategis, sehingga perlu pengamanan yang maksimal. Banyak data dari instansi-instansi penting disimpan di sana.

"Sejak proses pendirian, saya sudah wanti-wanti masalah security-nya. Saya dengar berbagai pihak juga sudah mengingatkan akan potensi ancaman serangan di beberapa waktu sebelum ini," lanjut legislator Daerah Pemilihan Yogyakarta itu.

Sukamta pun meminta Kominfo bisa mengambil langkah-langkah pengamanan secepatnya terkait data yang disimpan di PDN.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta penjelasan Kominfo setelah PDN mengalami gangguan pada pekan lalu yang berdampak ke pelayanan publik. Kenapa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News