Gawat! Cianjur Punya 156 Titik Rawan Longsor

Gawat! Cianjur Punya 156 Titik Rawan Longsor
Hotel Club Bali di Cipanas yang porak poranda tertimpa longsor. Foto: dok jpnn

jpnn.com - CIANJUR – Kabupaten Cianjur, Jawa Barat selalu jadi langganan bencana tiap musim penghujan datang. Kontur tanah yang labil membuat daerah yang bertetangga dengan Bogor ini rawan longsor.

“Kalau dihitung di Cianjur ini terdapat 156 titik longsor. Nah kalau di Cianjur Utara masuk ke daerah paling rawan bencana, yakni wilayah Cipanas, Sukaresmi, dan Pacet,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Suparman, Rabu (16/3).

Skala longsor di Cianjur juga tidak main-main. Sering kali bencana alam tersebut memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Beberapa pekan lalu, longsor di Hotel Club Bali, Cipanas, Cianjur menelan tiga korban jiwa.

Pemerintah setempat telah mencatat ratusan titik saat ini dalam keadaan rawan longsor. Sehingga masyarakat diimbau lebih waspada terutama saat musim hujan. 

“Semua kecamatan di Kabupaten Cianjur punya titik longsor. Makanya Pemerintah Kabupaten Cianjur sering menginformasikan terkait potensi longsor kepada masyarakat,” ujar Wakil Bupati Cianjur Suranto.

Namun, Pemkab Cianjur belum bisa memaksimalkan APBD untuk merelokasi warga yang bermukim di lokasi rawan longsor. Pemkab Cianjur baru bisa berupaya mencegah dengan melakukan sosialisasi secara intensif.

“Karena belum memaksimalkan APBD, kami belum bisa merelokasi pemukiman warga di lokasi rawan longsor. Tapi warga khususnya yang tinggal di daerah yang ditetapkan rawan bencana harus ekstra hati-hati,” ungkapnya. (radar cianjur/fhn/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News