Geely Kembangkan Baterai Mobil Listrik Berdaya Jelajah 1 Juta Km dan Bertahan 50 Tahun

Geely Kembangkan Baterai Mobil Listrik Berdaya Jelajah 1 Juta Km dan Bertahan 50 Tahun
Baterai LFP terbaru untuk mobil listrik besutan Geely. Foto: Geely

jpnn.com - Geely berhasil mengembangkan baterai lithium-iron-phosphate (LFP) baru untuk mobil listrik (EV), yang mampu berkendara sejauh sejuta kilometer (km) dan bertahan selama 50 tahun.

Kemampuan bertahan lama itu berkat penggunaan bahan elektroda multi-elemen, yang didoping untuk mengurangi laju reaksi kimia internal secara signifikan.

Baterai baru itu juga diklaim mengisi daya lebih cepat, bekerja lebih baik di lingkungan yang dingin, dan dapat bertahan dari beberapa penyalahgunaan yang serius.

Baterai yang disebut “short blade” atau bilah pendek itu memiliki fitur diafragma, yang diklaim lebih baik untuk meningkatkan kepadatan energi dan keamanan.

Geely menyebut bahwa baterai dapat diisi ulang sebanyak 3.500 kali, setara dengan satu juta km berkendara.

Masa pakai yang lebih lama tidak hanya akan membantu nilai sisa EV bekas, tetapi Geely juga mengatakan bahwa baterai akan mengurangi emisi karbon lebih dari 80.000 ton per tahun.

Sel tersebut mempunyai kapasitas 192 Wh/kg dan kira-kira 40 persen lebih pendek daripada “blade battery” tradisional.

Pengujian yang dilakukan dengan baterai bilah pendek dan panjang dengan kapasitas yang sama, menunjukkan bahwa baterai bilah pendek mengisi daya lebih cepat.

Geely berhasil mengembangkan baterai lithium-iron-phosphate (LFP) baru untuk mobil listrik (EV), yang mampu berkendara sejauh sejuta km dan bertahan 50 tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News