Gelar Kebangsawanan untuk Pangeran Philips telah Disetujui Sebelum Diumumkan

Gelar Kebangsawanan untuk Pangeran Philips telah Disetujui Sebelum Diumumkan
Gelar Kebangsawanan untuk Pangeran Philips telah Disetujui Sebelum Diumumkan

Pangeran Philip ternyata sudah resmi menerima gelar kebangsawanan tertinggi dari pemerintah Australia beberapa minggu sebelum keputusan tidak populer Perdana Menteri Abbott itu diumumkan pada Hari Australia.  Hal ini terungkap dalam sidang estimasi senat Australia.

Gelar Kebangsawanan untuk Pangeran Philips telah Disetujui Sebelum Diumumkan     Keputusan Tony Abbott menganugerahkan penghargaan kebangsaan tertinggi Australia, Knighthood, kepada Duke of Edinburgh itu telah mengejutkan banyak dari kalangan internal kabinet Abbott itu sendiri dan juga menjadi sumber ketidakpuasan di internal Partai Liberal. Isu ini juga menuai kecaman luas dan  bulan-bulanan di publik Australia. Penganugerahan  gelar ini juga turut memperpanas upaya percobaan untuk menggantikan kepemimpinan Abbott.   Namun Pejabat di Departemen Perdana Menteri dan Kabinet mengatakan Ratu Inggris telah memberikan persetujuannya atas permohonan penganugerahan gelar kebangsawanan kepada suaminya tersebut sejak tanggal 7 Januari 2015,  itu berarti lebih dari dua pekan sebelum keputusan tersebut dipublikasikan.   Para pejabat di Departemen Perdana Menteri dan Kabinet juga membenarkan kalau mereka pertama kali mencari saran tentang usulan memberikan gelar kebangsawanan tertinggi di Australia untuk Pangeran Philip pada bulan November 2014.   Namun sejak saat itu Abbott menarik diri dari proses penjurian siapa yang berhak mendapatkan penghargaan tersebut.   Dalam pidatonya di Klub Media Nasional bulan ini Abbott mengatakan dia menerima keputusan penganugerahan gelar tertinggi di Australia itu hanya sekedar menjalankan tugasnya sebagai kapten di pemerintahannya, namun dia mengakui kalau dirinya mungkin saja melakukan kewenangannya secara berlebihan.   "Saya hanya ingin memastikan kalau semua penghargaan yang diberikan berdasarkan mekanisme ketentuan pemberian gelar kebangsawanan di Australia (Order of Australia) dan sepenuhnya merupakan kewenangan dari Dewan Order of Australia," katanya.   Para pejabat di departemen Perdana Menteri dan kabinet  mengatakan kepada sidang estimasi senat bahwa meskipun ada upaya dari Perdana Menteri mengenai usulan pemberian anugerah bagi suami Ratu Inggris itu namun Ratu Inggris belum secara resmi menyetujui perubahan yang mengecualikan Abbott dari proses penetapan penerima penghargaan tersebut.  

Pangeran Philip ternyata sudah resmi menerima gelar kebangsawanan tertinggi dari pemerintah Australia beberapa minggu sebelum keputusan tidak populer


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News