Gerindra Legowo Kursi Ketua DPR untuk Partai Lain

Gerindra Legowo Kursi Ketua DPR untuk Partai Lain
Gerindra Legowo Kursi Ketua DPR untuk Partai Lain

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Ketua Dewan Pembina Partai Gerdakan Indonesia Raya (Gerindra), Martin Hutabarat legowo jika kursi ketua DPR RI untuk fraksi partai lain di parlemen.

"Gerindra mau mendorong fraksi yang lain untuk jabatan ketua DPR. Gerindra di belakang memberi dukungan ke fraksi lain. Kita legowo memberikan ke partai lain," ujar Martin ditemui di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (25/8).

Sikap ini menurut Martin bukan karena partainya tidak punya kader yang berpengalaman di DPR, tapi memang partainya tidak mengincar posisi Ketua DPR. Terkait prediksi fraksi mana yang akan memimpin DPR ke depan, Martin menyebut PDIP dan PKB punya peluang, namun posisi itu tidak lagi diberikan secara otomatis seperti Pemilu 2009.

"Tidak tertutup kemungkinan PDIP dan PKB ketua DPR tapi tidak lagi otomatis. Mekanisme sekarang kembali ke aturan 2004, dipilih antar anggota. Kalau ditentukan partai kemampuan kurang teruji. Aturan sekarang lebih objektif dan teruji," jelasnya.

Diketahui UU 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), saat ini tengah digugat oleh PDI Perjuangan ke Mahkamah Konstitusi. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu keberatan soal pasal di UU MD3, terutama pasal terkkait pemilihan Ketua DPR.(fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Ketua Dewan Pembina Partai Gerdakan Indonesia Raya (Gerindra), Martin Hutabarat legowo jika kursi ketua DPR RI untuk fraksi partai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News