Golkar Bisa Usung Capres Tanpa Koalisi

Golkar Bisa Usung Capres Tanpa Koalisi
Golkar Bisa Usung Capres Tanpa Koalisi
JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar, Iskandar Mandji mengingatkan Partai Golkar tidak perlu kasak-kusuk untuk mendapatkan dukungan suara atau koalisi guna mengajukan calon presiden dalam pemilu presiden mendatang.

“Partai Golkar sebenarnya tidak perlu pusing membangun koalisi untuk mendapatan dukungan suara agar bisa mengajukan calon presiden pada pemilu mendatang,” kata Iskandar Mandji dalam diskusi di Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senayan Jakarta, Rabu (29/4).

Berdasarkan persyaratan ketentuan pencalonan presiden dalam UUD 1945, lanjut Iskandar, parpol atau gabungan parpol berhak mengajukan calon dengan persyaratan minimal memperoleh 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara sah secara nasional. Berdasarkan perkiraan sementara, Golkar meraih sekitar 115 kursi DPR RI.

Prediksi perolehan suara sebanyak itu mendekati angka 20 persen dari jumlah kursi di DPR RI periode 2009-2014 sebanyak 600 kursi. Jika perolehan jumlah kursi kurang dari 20 persen suara, maka kekurangannya bisa diperoleh dari partai lain melalui koalisi.

JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar, Iskandar Mandji mengingatkan Partai Golkar tidak perlu kasak-kusuk untuk mendapatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News