Golkar, PDI-P dan Demokrat Bakal Rajai DPR

Golkar, PDI-P dan Demokrat Bakal Rajai DPR
PERKIRAAN - Direktur Eksekutif PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA, di Jakarta, Selasa (7/4), menjabarkan hasil survei perkiraan pemenang pemilu legislatif 9 April. LSI memilih mengklasifikasikan cluster parpol dibanding menyebut angka pasti perolehan masing-masing parpol di pemilu mendatang. Foto: Yusuf Said/JPNN.
JAKARTA - Meski belum menyebut partai mana yang akan menjadi pemenang pada pemilu legislatif 9 April mendatang, PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memastikan parlemen pada periode mendatang bakal dikuasai tiga partai, yakni Golkar, PDI-P dan Demokrat. Tiga parpol yang diklaim LSI sebagai partai papan atas hasil pemilu 2009 ini, dipastikan akan mendapat perolehan suara di atas 12 persen.

"Ini fenomena menarik, karena pada pemilu sebelumnya, dua partai papan atas itu hanya didominasi oleh Golkar dan PDI-P saja," terang Direktur Eksekutif PT LSI, Denny JA, saat merilis hasil survei parpol per 5 April, di Cafe Pisa, Jakarta Selatan, Selasa (7/4).

Sayangnya, untuk pertimbangan pertanggungjawaban ilmiah ke depan, LSI tidak berani memastikan berapa prediksi perolehan suara masing-masing (parpol) pada pemilu mendatang.

Survei yang dirilis LSI ini adalah survei paling dekat dengan hari pemilu. Survei ini melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 33 provinsi, dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error 2.9 persen. (ysd)
Berita Selanjutnya:
Parpol Jangan Bangga Dulu

JAKARTA - Meski belum menyebut partai mana yang akan menjadi pemenang pada pemilu legislatif 9 April mendatang, PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News