Golkar Wacanakan Koalisi Non Blok

Golkar Wacanakan Koalisi Non Blok
Golkar Wacanakan Koalisi Non Blok
JAKARTA - Model-model pengkubuan menjelang pemilu 2009 tampaknya bakal menjadi tren. Kalau Partai Gerindra berencana membentuk Poros Indonesia Raya, kini muncul model pengkubuan baru yang diberi istilah Non Blok.

Wacana ini dilontarkan salah seorang Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (DPP PG) Priyo Budi Santoso dalam diskusi di ruang wartawan DPR, Jumat (13/2). Dikatakan Priyo, saat ini kecenderungan pengkubuan menjelang pilpres menggumpal pada blok S (Susilo Bambang Yudhoyono) dan blok M (Megawati Soekarnoputri).

"Kita akan mencoba membuat kelompok non blok, yang tidak berada di blok S maupun blok M," ujar Priyo, yang juga Ketua Fraksi Golkar DPR RI. Namun demikian, di internal Golkar sendiri lebih banyak yang tetap menghendaki Golkar berkoalisi dengan Partai Demokrat. Dengan kata lain, banyak yang ingin agar duet SBY-JK (Jusuf Kalla) tetap dipertahankan.

Namanya saja politik, segala kemungkinan masih tetap terbuka. Pasalnya, secara resmi Golkar baru akan menetapkan siapa yang akan diusung sebagai pasangan capres-cawapres usai pemilu legislatif. Kalau perolehan suara Golkar signifikan, tetap terbuka kemungkinan Golkar akan berpisah dengan Demokrat.

JAKARTA - Model-model pengkubuan menjelang pemilu 2009 tampaknya bakal menjadi tren. Kalau Partai Gerindra berencana membentuk Poros Indonesia Raya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News