Gorontalo Raih Penghargaan BPK

Gorontalo Raih Penghargaan BPK
Gorontalo Raih Penghargaan BPK
JAKARTA – Gorontalo, satu-satunya provinsi yang mampu meraih penghargaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Prestasi yang diraih Gorontalo awal tahun 2009 ini sebagai apresiasi dari BPK terhadap provinsi yang dipimpin oleh Fadel Muhammad tersebut atas laporan keuangannya tahun 2007 berpredikat opini “Wajar Tanpa Pengecualian” (WTP).

jpnn.com - Sementara untuk kota dan kabupaten di Indonesia yang mampu meraih predikat WTP diraih oleh Kota Tangerang, Kota Banjar, dan Kabupaten Aceh Tengah. penghargaan diserahkan Ketua BPK, Anwar Nasution, di Auditorium Gedung Umar Wirahadikusumah BPK, Jakarta, Kamis (15/1). Selain memberikan penghargaan terhadap satu provinsi dan tiga kabupaten/kota di Indonesia, BPK juga memberikan penghargaan serupa kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Negara Perumahan Rakyat, Badan Intelejen Negara (BIN), Dewan Ketahanan Nasional (Wanhanas), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Mahkamah Konstitusi (MK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD-Nias, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komisi Yudisial (KY), Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Bank Indonesia (BI).


Selain kategori laporan keuangan tahun 2007 dengan opini WTP, BPK juga menganugerahi Penghargaan BPK atas upaya pencapaian pelaporan keuangan yang baik tahun 2007 kepada Departemen Perindustrian (Deperin), Departemen Sosial (Depsos), dan Departemen Pertahanan (Dephan). Penghargaan dengan kategori ini juga dianugerahi kepada satu pemda, yakni Kota Tangerang.

Ketua BPK, Anwar Nasution, dalam sambutannya mengatakan Penghargaan BPK untuk kedua kalinya ini sebagai perwujudan visi dan misi BPK dalam mendorong perbaikan pengelolaan keuangan negara. Kategori penghargaan BPK untuk laporan keuangan tahun 2007 dengan opini WTP berdasarkan kriteria bahwa institusi bersangkutan sebagai pengguna anggaran belanja negara yang berpredikat opini WTP atas laporan keuangannya tahun 2007. Sedangkan, kategori penghargaan BPK untuk laporan keuangan yang baik tahun 2007 diberikan kepada institusi yang berupaya mencapai pelaporan keuangan yang baik. (Fas/JPNN)


JAKARTA – Gorontalo, satu-satunya provinsi yang mampu meraih penghargaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Prestasi yang diraih Gorontalo awal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News