GSI SMP Jadi Ajang Kemendikbudristek Menyeleksi Talenta Muda Terbaik

GSI SMP Jadi Ajang Kemendikbudristek Menyeleksi Talenta Muda Terbaik
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat nasional 2024. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat nasional 2024. Tahun ini, menjadi gelaran GSI ketujuh kalinya yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek dalam upaya mengembangkan talenta muda sepakbola Indonesia.

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta, sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Tatang Muttaqin, menyampaikan bahwa dalam desain besar olahraga nasional, cabang olahraga sepakbola menjadi salah satu yang penting. Terkait hal tersebut, Kemendikbudristek mendapatkan mandat untuk menyiapkan prabibit dari talenta sepakbola.

"Seluruh nama peserta juga telah masuk dalam sistem informasi manajemen talenta nasional di Kemendikbudristek yang bisa menjadi salah satu wujud prestasi bagi seluruh peserta yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya,” ungkap Tatang Muttaqin dalam pembukaan GSI SMP tingkat nasional 2024, di Lapangan ASIOP Stadium Jakarta pada 15 Oktober. 

Tatang menambahkan, melalui GSI SMP tingkat nasional 2024 Kemendikbudristek terus mengidentifikasi dan menyeleksi talenta muda terbaik yang nantinya dapat didorong untuk tampil di ajang nasional maupun internasional. 

Dia berharap seluruh peserta dapat menampilkan pertandingan yang terbaik, dapat menikmati pertandingan dengan jiwa sportivitas, dan menumbuhkan jiwa persaudaraan guna mewujudkan sepakbola nasional yang berkualitas. 

Pada kesempatan sama, Kepala Sub Bagian Umum BPTI Retno Juni Rochmaningsih, mengungkapkan bahwa pelaksanaan GSI SMP tingkat nasional 2024 tidak lepas dari dukungan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pusat dan daerah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, BBPMP/BPMP, Satuan Pendidikan, dan Instansi terkait lainnya. 

Retno menyebut, pendaftaran GSI tahun ini mencapai 60.695 peserta didik SMP yang berasal dari 5.284 sekolah, 273 kab./kota, dan 36 provinsi. 

Telah hadir sebanyak 576 pemain terbaik perwakilan dari 32 tim provinsi yang telah terjaring dan melewati seleksi GSI mulai tingkat kecamatan, kab/kota, dan provinsi.  

GSI SMP jadi ajang Kemendikbudristek untuk menyeleksi talenta muda terbaik dan berprestasi tingkat nasional maupun dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News