Guardiola ke City, Para Veteran Ini Bakal jadi Tumbal Revolusi

Guardiola ke City, Para Veteran Ini Bakal jadi Tumbal Revolusi
Pep Guardiola. Foto: AFP

jpnn.com - PEP Guardiola diyakini bakal melakukan revolusi di Machester City musim depan. Revolusi selalu memakan korban. Dan sepertinya yang jadi tumbalnya adalah para pemain senior yang selama ini jadi pondasi City.

Siapakah para pemain senior yang berpotensi tersingkir, berikut beberapa nama yang disinyalir ESPN sebagai korban revolusi Guardiola. Mereka adalah Yaya Toure, Pablo Zabaleta, Aleksandar Kolarov, Martin Demichelis, Jesus Navas, Gael Clichy, Bacary Sagna, dan David Silva. 

Lantas apa alasan ESPN menatahkan delapan nama penggawa itu sebagai calon korban revolusi Guardiola? Ada beberapa analisis. Pertama adalah peremajaan skuat. 

Rata-rata skuat City saat ini adalah 28,5 tahun. Adapun rata-rata skuat Bayern Muenchen musim ini lebih muda setahun ketimbang City, 27,5 tahun. 

Delapan nama yang disebut ESPN semuanya adalah pemain berkepala tiga. Demichelis menjadi yang tertua dengan usia 35 tahun. Disusul Sagna (33 tahun), Toure (32), Zabaleta (31), Kolarov (30), Navas (30), Clichy (30), dan Silva (30). 

Nah, Toure sendiri sudah menyatakan ingin hengkang musim mendatang. Pemain asal Pantai Gading tersebut sudah tak lagi menemukan ”kegairahan” seperti musim-musim lalu. Lagipula, dia pernah ditendang oleh Guardiola dari Barca pada 2010. 

”Kontrak Toure akan berakhir 2017 mendatang. Menurut aturan Bosman, di musim panas 2016 jika tak ada perpanjangan kontrak dari klub lamanya, Toure punya hak buat hengkang,” tulis ESPN.

Isu yang berhembus pun sudah kencang jika beberapa pemain Barcelona maupun Bayern saat ini siap merapat ke Etihad Stadium. Mereka antara lain Thiago Alcantara dan Robert Lewandowski dari Bayern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News