Gubernur Lebih Senang Dipilih Langsung

Gubernur Lebih Senang Dipilih Langsung
Gubernur Lebih Senang Dipilih Langsung
JAKARTA- Wacana pemilihan gubernur diserahkan kembali melalui DPRD sepertinya bakal menghadapi banyak rintangan. Termasuk dari kalangan gubernur sendiri yang masih ingin dipilih langsung rakyat.

"Kalau kita gubernur ini maunya tetap dipilih langsung oleh rakyat. Sebab, itu menyangkut legitimasi yang lebih kuat," kata Gubernur Sulbar, H Anwar Adnan Saleh, Rabu (23/12) di Jakarta.

Pernyataan Anwar tersebut sebagai respons atas pertemuan gubernur se Indonesia dengan Mendagri yang menyatakan bahwa pilkada langsung untuk gubernur masih akan dikaji. Itu berarti, peluang pemilihan langsung dengan melalui DPRD masih memiliki peluang yang sama.

Dalam pertemuan tersebut, Mendagri Gamawan Fauzi memang menegaskan, sementara ini, Depdagri sedang merumuskan rancangan peraturan pemerintah yang akan memperkuat peran gubernur. Antara lain isinya, gubernur akan dilantik langsung presiden di istana negara, tidak lagi di daerah masing-masing oleh Mendagri atas nama presiden.

JAKARTA- Wacana pemilihan gubernur diserahkan kembali melalui DPRD sepertinya bakal menghadapi banyak rintangan. Termasuk dari kalangan gubernur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News