Gubernur Minta Perannya Diperkuat

Gubernur Minta Perannya Diperkuat
Gubernur Minta Perannya Diperkuat
JAKARTA - Kalau sejumlah gubernur lagi duduk bersama, maka yang muncul adalah suara senada untuk kepentingannya. Desakan penguatan peran gubernur pun disampaikan, meski di forum diskusi bertema pemekaran.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur Riau Rusli Zainal, dan Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh misalnya, mengeluh karena selama ini tidak punya kekuatan penuh saat berhadapan dengan para bupati/walikota di daerahnya.

"Gubernur itu katanya wakil pemerintah pusat di daerah. Tapi faktanya, bupati/walikota bisa langsung bertemu menteri tanpa sepengetahuan gubernur. Jadi, perlu penguatan peran gubernur di daerah," ujar Alex Noerdin saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema pemekaran di kantor DPP Partai Golkar (PG) Jakarta, Selasa (24/2).

Namun demikian, kata Alex, penguatan peran gubernur jangan sampai mengurangi hak otonomi yang memang sudah semestinya berada di tingkat kabupaten/kota.

JAKARTA - Kalau sejumlah gubernur lagi duduk bersama, maka yang muncul adalah suara senada untuk kepentingannya. Desakan penguatan peran gubernur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News