Gubernur Sultra Terima Bintang Mahaputra Utama

Gubernur Sultra Terima Bintang Mahaputra Utama
Gubernur Sultra Terima Bintang Mahaputra Utama

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputra Utama. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (13/8).

Nur Alam bukan satu-satunya gubernur yang menerima penghargaan untuk kategori Bintang Mahaputra Utama. Ada nama Muhammad Sani (Gubernur Kepulauan Riau) dan Hasan Basri Agus (Gubernur Jambi).

Bintang Mahaputra Utama merupakan penghargaan tertinggi kepada warga sipil yang dianggap berjasa luar biasa terhadap nusa dan bangsa di suatu bidang tertentu di luar bidang militer. Ketiga gubernur ini dianggap berjasa dalam memimpin daerahnya masing-masing.

"Selama saya memimpin, terjadi pertumbuhan ekonomi dan menurunnya angka pengangguran. Setidaknya terjadi peningkatan kesejahteran yang signifikan," kata Nur Alam usai menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Selasa (13/8).

Nur Alam yang kini menjadi gubernur dua periode itu menjelaskan peningkatan kesejahteraan terlihat pada capaian pembangunan tahun 2008-2012. Kata dia, dalam capaian itu APBD Sultra meningkat dari Rp 1,3 triliun menjadi Rp 2 triliun akibat pertumbuhan ekonomi yang juga naik dari 7,57 persen menjadi 10,41 persen.

Pencapaian ini berefek positif pada kesejahteraan. Ketua DPW PAN Sultra ini mengklaim bahwa dengan pertumbuhan ekonomi yang membaik berdampak pada pengurangan angka kemiskinan dari 18,93 persen menjadi 13,06 persen. "Pengangguran juga menurun dari 5,38 persen menjadi 4,04 persen," katanya.

Meski begitu, Nur Alam menyadari bahwa masih banyak yang perlu dibenahi untuk mempercepat pembangunan di wilayahnya. Yang paling krusial adalah keterbatasan daya listrik. Termasuk kata dia infrastruktur jalan yang sangat mendesak.

"Tapi kami sudah benahi sedikit demi sedikit. Sultra yang diplesetkan sulit transportasi itu sudah mulai terkikis. Sudah 1000 kilometer jalan lingkar provinsi dan kabupaten yang terus dibenahi. Termasuk mengoptimalkan empat bandara yang ada di Sultra," ucapnya. (awa/jpnn)

JAKARTA - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputra Utama. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News