Gubri dan Tayangan Video Cagar Biosfer GSK-BB Dipuji

Gubri dan Tayangan Video Cagar Biosfer GSK-BB Dipuji
Gubri dan Tayangan Video Cagar Biosfer GSK-BB Dipuji
PARIS - Pemaparan Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal tentang komitmen Riau dalam menjaga lingkungan pada The 22nd Session of the International Coordinating Council of the Man and the Biosphere (ICC-MAB), di Kantor Pusat UNESCO, Paris, Prancis, Senin (1/6), mendapatkan applause dari peserta pertemuan tersebut. Applause tambah meriah, usai peserta dari seluruh dunia pemilik cagar biosfer menonton tayangan film singkat tentang keindahan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB) yang berada di Kabupaten Siak, Riau, sebagai gambaran ekosistem tropis asli yang masih terjaga.

Kesempatan bagi Gubri untuk menyampaikan pemaparan di tengah-tengah sidang MAB UNESCO tersebut terbilang langka. Pasalnya, baru itu untuk pertama kalinya ada seorang gubernur yang diberikan kesempatan berpidato di sidang tersebut. Bahkan Presiden ICC-MAB Prof Choi selaku pimpinan sidang, langsung menyampaikan penghargaan terhadap paparan Gubri dan tayangan video tersebut, sebelum menutup sidang untuk sesi istirahat siang.

Undangan untuk dapat berbicara di depan sidang MAB UNESCO tersebut terkait komitmen Rusli Zainal selaku kepala daerah yang telah mendukung terbentuknya Cagar Biosfer GSK-BB. Di mana cagar itu sendiri merupakan sebuah bentangan alam yang menyatukan tiga kawasan konservasi, yakni Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, SM Bukit Batu, serta kawasan konservasi konsesi HTI Sinar Mas Forestry (SMF).

"Saya terharu mendapat kesempatan di forum terhormat, di depan perwakilan internasional ini, (untuk) memperkenalkan Cagar Biosfer GSK-BB yang merupakan ekosistem tropis asli yang masih terjaga di Provinsi Riau," ujar Gubri melalui rilisnya kepada JPNN, Selasa (1/6).

PARIS - Pemaparan Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal tentang komitmen Riau dalam menjaga lingkungan pada The 22nd Session of the International

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News