Gunung Sindoro, Status Waspada

Gunung Sindoro, Status Waspada
Gunung Sindoro, Status Waspada
JAKARTA--Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB), Sutopo  Puwro Nugroho mengatakan, terhitung  tanggal 5 Desember 2011, pukul 20.00 WIB, status Gunung Sindoro dinaikkan dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II). Meski demikian, masyarakat diminta tetap tenang dan belum disarankan untuk mengungsi.

Dikatakan Sitopo, aktivitas Gunung terletak di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah itu  mengalami peningkatan aktivitas kegempaan dan visual, terutama Gempa Vulkanik Dalam dan Vulkanik Dangkal. Menurutnya, gempa Vulkanik Dalam dan Gempa Vulkanik Dangkal mulai meningkat bulan November 2011 dan cenderung mengalami peningkatan hingga Desember 2011.

"Peningkatan aktivitas vulkanik berupa Gempa Vulkanik Dalam dan Vulkanik Dangkal dikhawatirkan akan memicu peningkatan aktivitas vulkanik berupa letusan freatik atau letusan abu," kata Sutopo kepada  JPNN, Selasa (6/11).

Dijelaskan, pada kawasan Rawan Bencana (KRB) III, wilayah radius 2 km dari kawah/kaki Gunung   berpotensi dilanda awan panas, aliran lava, gas beracun, lontaran batu pijar, dan hujan abu lebat.  Sedangkan, pada KRB II (radius 5 km dari kawah) berpotensi dilanda awan panas, aliran lava, lontaran batu pijar, dan hujan abu lebat.

JAKARTA--Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB), Sutopo  Puwro Nugroho mengatakan, terhitung 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News