Gus Yahya Minta Nahdliyin Meneladani Konsistensi NU

Gus Yahya Minta Nahdliyin Meneladani Konsistensi NU
Pengamat politik Asrinaldi menilai sikap dari Gus Yahya sudah tepat dan sudah dilakukan sejak awal kepengurusan PBNU. Foto: Dok. PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya mengajak para Nahdliyin untuk dapat memahami dan meneladani nila-nilai konsistensi yang diterapkan NU, hingga abad ke-2 ini.

Hal itu disampaikan Gus Yahya dalam kegiatan Ngaji Budaya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Jumat (17/3).

Ia menilai bahwa konsistensi yang dibangun para ulama NU merupakan benang merah yang membuat NU hingga kini eksis di tengah masyarakat.

“Jadi apa sebetulnya yang konsisten karena sebetulnya dalam pandangan ulama sendiri walaupun hukum itu bisa berubah karena perubahan ilat, tapi ada nilai yang konsisten. Ini yang perlu kita pahami,” kata Gus Yahya.

Kiai kelahiran Rembang ini menjelaskan bahwa nilai konsisten yang dapat diteladani dari NU, yakni tetap menempatkan ulama dalam setiap maqam kepemimpinan.

"Kalau dulu orang NU tempatnya di langgar-langgar dan pesantren sekarang terminal-terminal itu penuh dengan orang NU, pasar-pasar penuh dengan orang NU, karena begitu luasnya konstituensi NU,” jelas dia.

“Tapi ada satu yang konsisten di dalam semua keadaan itu ulama tetap ditempatkan dalam maqam kepemiminan,” sambungnya.

Di tempat yang sama, kader muda NU dari Depok, Muhammad Sholeh mengatakan konsistensi menempatkan ulama dalam setiap maqom kepemimpinannya harus dijaga dan dirawat.

KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya mengajak para Nahdliyin untuk dapat memahami dan meneladani nila-nilai konsistensi yang diterapkan NU

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News