Hadapi Ancaman Corona, Jokowi Disarankan Tiru Cara SBY

Hadapi Ancaman Corona, Jokowi Disarankan Tiru Cara SBY
Politikus Partai Demokrat (PD) Didik Mukrianto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Didik Mukrianto mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk juru bicara khusus pascatemuan virus Corona di tanah air. Penunjukkan itu diharapkan mampu menjawab kebutuhan informasi dan meredam keaimpangsiuran isu tentang virus Covid-19 tersebut.

“Informasi resmi dan tunggal yang terang dan jelas, serta komprehensif dari pemerintah terkait dengan penyebaran Covid-19 sangat dibutuhkan untuk meredam kesimpangsiuran dan ketidakpercayaan masyarakat dan internasional terkait dengan penyebaran Corona di Indonesia,” kata Didik kepada jpnn.com, Rabu (4/3).

Namun demikian, anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Partai Demokrat ini juga mengingatkan, keberadaan jubir tidak akan banyak membantu apabila pemerintah tidak segera menetapkan langkah-langkah strategis untuk mencegah pandemik Corona menjadi epidemi di tanah air.

“Jubir memang dibutuhkan, namun yang utama dan harus dilakukan pemerintah adalah membuat langkah-langkah cepat, strategis dan tepat untuk melakukan pencegahan, pengobatan dan antisipasi dini tentang potensi penyebaran Corona yang lebih luas. Jangan sampai terjadi epidemi di Indonesia,” katanya.

Mengingat penyebaran Corona yang cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu di belahan dunia, sehingga menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang semakin besar. Termasuk berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Didik menyarankan agar pemerintah segera membentuk komite khusus pengendalian corona. Cara ini pernah dilakukan Presiden SBY ketika menghadapi kasus Flu Burung.

“Tidak akan salah dan akan lebih komprehensif, serta terukur pengendaliannya apabila pemerintah mempertimbangkan pembentukan komite nasional pengendalian Corona, seperti dilakukan Presiden RI keenam SBY yang menerbitkan Perpres 7 Tahun 2006 tentang Komite Nasional Pengendalian Flu Burung,” kata Didik.

Ketua DPP Partai Demokrat ini berharap komite nasional tersebut dapat melakukan percepatan pengendalian Corona dan peningkatan kesiapsiagaan menghadapi pandemi secara komprehensif dan terpadu. Apalagi di banyak negara, optimisme bahwa pasien corona bisa sembuh sangat besar dan telah terbukti tingkat kesembuhannya.

Legislator Dapil Jawa Timur IX (Bojonegoro-Tuban) ini juga menyampaikan, komite nasional khusus pengendalian Corona nantinya juga bisa menetapkan langkah dan kebijakan penting. Antara lain berupa rencana strategis nasional serta pedoman umum pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan Corona serta kesiapsiagaan menghadapi pandemi influenza.

Didik menyarankan agar pemerintah segera membentuk komite khusus pengendalian corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News