Hadiah untuk Oranje dari Pangeran

Hadiah untuk Oranje dari Pangeran
DUKUNGAN - Para pendukung Belanda di Stadion Green Point, Cape Town, usai kemenangan timnya atas Uruguay, di semifinal 6 Juli lalu. Foto: Doug Pensinger/Getty Images/FIFA.com.
SUKSES Belanda menyingkirkan Uruguay bukan hanya berkat dukungan suporternya di Stadion Green Point, Cape Town. Tapi, juga dari fans Oranje - julukan Belanda - di seluruh dunia. Setidaknya, itulah yang dipercaya oleh winger Belanda, Dirk Kuyt.

"Sulit menjelaskan seperti apa penampilan kami tanpa dukungan fans Belanda di seluruh dunia," kata Kuyt, sebagaimana dilansir Tribal Fotball. "Sebelum berlaga, kami menerima ratusan dukungan yang disampaikan lewat surat elektronik dan pesan pendek. Dengan begini, saya bisa bilang seluruh dunia memang men-support kami," lanjut pemain Liverpool tersebut.

Menurut Kuyt, lolos ke final Piala Dunia merupakan hal yang sulit dipercaya. Pada 1998, Belanda harus puas menempati peringkat keempat setelah dikalahkan Kroasia di perebutan tempat ketiga. Empat tahun kemudian, Oranje malah tidak lolos. Dalam edisi terakhir di Jerman empat tahun lalu, langkah Belanda hanya sampai babak 16 besar setelah kalah 0-1 dari Portugal.

"Setelah perjuangan yang panjang, kami sampai juga ke final," ungkap Kuyt. "Kini kami siap mencetak sejarah. Untuk kali ketiga kami masuk final. Kali ini kami harus memenangkannya," tegasnya.

SUKSES Belanda menyingkirkan Uruguay bukan hanya berkat dukungan suporternya di Stadion Green Point, Cape Town. Tapi, juga dari fans Oranje - julukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News