Hadiri Sidang Pleno KTT ASEAN di Laos, Wapres Ma’ruf Amin Sampaikan 3 Hal Penting Ini

Hadiri Sidang Pleno KTT ASEAN di Laos, Wapres Ma’ruf Amin Sampaikan 3 Hal Penting Ini
Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Sidang Pleno KTT ke-44 ASEAN yang digelar di National Convention Center, Vientiane, Laos, Rabu (9/10). Foto: Dokumentasi Kemenko Perekonomian

jpnn.com, VIENTIANE - Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Sidang Pleno KTT ke-44 ASEAN yang digelar di National Convention Center, Vientiane, Laos, Rabu (9/10).

Sidang Pleno dipimpin Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone itu dihadiri para pemimpin negara anggota ASEAN, perwakilan non-politik Myanmar, Perdana Menteri Timor-Leste, dan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Dalam pertemuan ini, PM Sonexay turut mengundang Presiden Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sebagai the Guest of ASEAN Chair.

Pertemuan ini membahas perkembangan pembangunan komunitas ASEAN dan hubungan eksternal ASEAN dengan para mitra dan sahabatnya.

Wapres Ma’ruf Amin mengawali sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap dukungan dan kerja sama negara-negara anggota ASEAN kepada Indonesia, terutama selama Keketuaan Indonesia di 2023.

Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan refleksi perjalanan Indonesia di ASEAN dalam satu dekade terakhir, mulai dari diadopsinya ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP), integrasi ekonomi melalui Regional Comprehensive Economic Parnership (RCEP), dan keanggotaan Timor Leste.

“Namun, kita tidak boleh berpuas diri dalam dunia yang terus berubah cepat. Tantangan masa depan menuntut ASEAN terus beradaptasi dan berkolaborasi lebih erat lagi,” tegas Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan ini, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan tiga hal penting harus dilakukan ASEAN ke depan.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan 3 hal penting yang harus dilakukan ASEAN saat menghadiri Sidang Pleno KTT ke-44 ASEAN di Laos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News