Hanggar Lion Group Resmi Dibuka

Hanggar Lion Group Resmi Dibuka
Hanggar Lion Group Resmi Dibuka

jpnn.com - NONGSA  - Lion Group resmi membuka Batam Aero Technic pada acara Soft Opening, Kemarin (27/1) di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

BAT merupakan hanggar pertama dari 4 fasilitas hanggar untuk proses maintenance pesawat yang dibangun oleh maskapai penerbangan bertarif rendah tersebut.

Dalam acara Soft Opening kemarin, CEO Lion Group, Rusdi Kirana menghadiri. Begitu juga dengan petinggi-petinggi Kepri, yaitu Gubernur Kepri, H.M. Sani, Kepala Badan Kawasan (BK), Mustofa Wijaya, Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Kapolda Kepri, Endjang Sudrajat, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Herry Bakti, yang dalam hal ini mewakili Menteri Perhubungan yang tidak bisa hadir.

Rusdi Kirana dalam kata sambutannya mengatakan fasilitas maintenance pesawat di Indonesia masih sedikit, meskipun fakta mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu pasar penerbangan domestik terbesar di dunia.

"Beberapa maskapai penerbangan bahkan mengirim pesawat mereka ke luar negeri untuk melakukan pemeriksaan pesawat," kata Rusdi.

Menurut Rusdi, perawatan pesawat di hanggar ini akan dimulai pada bulan Februari. Pengecekan pesawat pertama di hanggar ini adalah C-check pada pesawat Boeing 737. Dan di tahun berikutnya akan melakukan D-check pada fasilitas milik Lion Group ini.

Masing-masing hanggar memiliki tiga ruang, dengan kata lain dapat menampung tiga buah pesawat besar tipe narrow bodies secara bersamaan. Awalnya nanti, BAT akan fokus pada perawatan pesawat tipe 737, tapi juga akan dikembangkan untuk menampung pesawat tipe lain seperti Airbus A320 series dan tipe pesawat wide body. Tiap hangarnya dapat menampung pesawat besar seperti Airbus A380.

BAT telah memiliki 100 orang engineer dan teknisi di Batam dan akan terus berkembang hingga mencapai 2000 karyawan setelah empat hangar seperti workshop untuk mesin-mesin pesawat, landing gears, auxiliary power units dan komponen beroperasi penuh. Investasi untuk pembangunan seluruh fasilitas ini diperkirakan sebesar 250 juta dollar Amerika.

NONGSA  - Lion Group resmi membuka Batam Aero Technic pada acara Soft Opening, Kemarin (27/1) di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. BAT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News