Harga Bawang Merah Tiba-tiba Merosot

Harga Bawang Merah Tiba-tiba Merosot
Harga Bawang Merah Tiba-tiba Merosot

jpnn.com - BREBES – Harga bawang merah asal Brebes kembali mengenaskan. Tanpa diketahui yang pasti, harga komoditi unggulan itu turun drastis hingga Rp 3 ribu per kilogram di tingkat pedagang pasar tujuan.

Para petani pun hanya bisa meratapi nasib akibat kerugian besar yang ditanggung. Tak hanya itu, pedagang bakul juga tak begitu tertarik untuk membeli bawang dari petani, karena harga tidak seimbang dengan ongkos kirimnya.
    
Taufik Maulana, 30, salah seorang bakul bawang merah asal Kecamatan Larangan biasanya mengirim bawang ke Pasar Cibitung. Namun, kali ini, pihaknya harus berpikir ulang mengirim bawang ke pasar tersebut.

”Untuk kirim di Pasar Cibitung, saya pikir-pikir, karena di sana harga bawang cuma Rp 3 ribu perkilo. Malah ada bawang yang sudah pada dikirim dibawa pulang lagi, karena tidak ada yang menawar,” katanya.

Sementara, petani yang kebetulan tengah memanen pun dilanda kebingungan. Beberapa petani terpaksa melepas harga walaupun rendah. Bahkan sampai ada yang menjual Rp 1500 per kilogram. Namun tidak sedikit pula yang menahan diri. Ditingkat lokal, harga bawang di lapak-lapak dikisaran Rp 3-4 ribu per kilogram pada beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ir Budhiarso Dwihartono mengaku belum mengetahui pasti penyebab jatuhnya harga bawang merah di Pasar Cibitung. Dirinya merasa heran, harga bawang merah bisa jatuh. Padahal di tingkat nasional itu belum panen raya.

Pihaknya mengimbau kepada petani agar tidak menjual bawang merah yang mengalami harga rendah, tapi disimpan sebagai bibit untuk masa tanam selanjutnya.

”Kalau Juli–Agustus harga bawang turun itu masih wajar, karena itu masa panen raya secara nasional. Sekarang kan belum, masih ada 600 ha yang belum panen di wilayah Brebes,” kata dia.

Dia menduga, murahnya harga bawang tidak berlaku secara keseluruhan. Pihaknya masih mendapati sebagian petani bawang yang mengalami harga normal. Harga tergantung kualitas dan ukuran.

BREBES – Harga bawang merah asal Brebes kembali mengenaskan. Tanpa diketahui yang pasti, harga komoditi unggulan itu turun drastis hingga Rp

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News