Harga Bensin Belum Bisa Turun Lagi

Tingkat Keekonomian Rp 5.900 Per Liter

Harga Bensin Belum Bisa Turun Lagi
Harga Bensin Belum Bisa Turun Lagi
JAKARTA - Peluang pemerintah untuk kembali menurunkan harga BBM, tampaknya, makin tipis. Sebab, menurut perhitungan, harga keekonomian BBM jenis premium (bensin) saat ini sudah kembali naik menjadi Rp 5.900 per liter.

"Hingga kemarin (24/2) harga premium sudah di atas harga subsidi saat ini Rp 4.500 per liter. Harga premium sudah Rp 5.900," ujar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro setelah Rapat Pansus Hak Angket BBM di DPR Rabu (25/2).

Terkait surplus atau keuntungan yang diperoleh pemerintah dari hasil penjualan BBM bersubsidi, menurut Purnomo, belum tentu terjadi pada bulan-bulan berikutnya. "Sebagian pengamat hanya melihat pasar minyak mentah (crude). Padahal, harus diperhitungkan pula pasar produk BBM,'' katanya.

Beberapa waktu lalu, lanjut dia, harga premium bisa rendah karena terjadi anomali. Pasokan lebih tinggi daripada kebutuhan (supply over demand). ''Sekarang anomali ini hilang, sehingga demand untuk premium ron 88 sudah di atas suplai. Sedangkan ICP (harga minyak Indonesia) sudah naik di kisaran USD 42 per barel," paparnya. Purnomo menambahkan, dalam beberapa bulan ke depan ICP berpotensi kembali naik dan harga premium meningkat di pasar internasional.

JAKARTA - Peluang pemerintah untuk kembali menurunkan harga BBM, tampaknya, makin tipis. Sebab, menurut perhitungan, harga keekonomian BBM jenis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News