Harga TBS Sawit Swadaya di Riau Naik Jadi Sebegini

Harga TBS Sawit Swadaya di Riau Naik Jadi Sebegini
Ilustrasi petani memanen TBS kelapa sawit. Foto Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Kabar gembira bagi petani sawit swadaya di Riau! Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit swadaya mengalami kenaikan pada periode 3-9 Juli 2024.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan kenaikan harga tertinggi terjadi pada kelompok umur 9 tahun,yaitu sebesar Rp 11,25 per Kg atau 0,38% dari harga minggu lalu.

Penetapan harga ini dilakukan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim penetapan harga pada 2 Juli 2024.

“Dengan kenaikan ini, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan menjadi Rp 2.940,77 per Kg,” kata Defris kepada JPNN.com.

Kenaikan harga ini dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya adalah naiknya harga CPO dan kernel.

Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani sawit melalui perbaikan tata kelola penetapan harga TBS yang adil dan sesuai regulasi.

“Kenaikan harga ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pendapatan petani dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” tuturnya. (mcr36/jpnn)

Kabar gembira bagi petani sawit swadaya di Riau! Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit swadaya mengalami kenaikan pada periode 3-9 Juli 2024.


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News