Hari Ini, Belanda Punya Raja Baru

Hari Ini, Belanda Punya Raja Baru
Hari Ini, Belanda Punya Raja Baru
AMSTERDAM--Jalan-jalan di ibukota Belanda, Amsterdam, mulai berwarna oranye. Bangunan-bangunan di negara itu juga dihiasi dengan warna-warna bendera Belanda, merah- putih-biru untuk menghormati prosesi penobatan Raja Belanda yang bakal dilakukan Selasa (30/4) melalui aturan House of Oranje-Nassau.

Putra Mahkota Belanda Willem-Alexander dan keluarganya dilaporkan berada di Istana Kerajaan Dam square Senin pagi, berlatih protokol untuk upacara di mana Ratu Beatrix akan melepaskan kekuasaannya kepada putranya. Willem-Alexander bakal menjadi raja dan putrinya yang berusia 9 tahun, Putri Catharina-Amalia bakal menjadi putri mahkota.

Ratu Beatrix turun tahta setelah 33 tahun berkuasa dan akan digantikan putra sulungnya, Willem-Alexander, Selasa (30/4). Willem-Alexander adalah lelaki pertama yang memimpin kerajaan Belanda setelah Willem III meninggal tahun 1890.

Menurut laman Washingtonpost, Senin (29/4), Ratu Beatrix membahas masalah bangsa untuk terakhir kalinya sebagai kepala negara Senin malam. Ratu Beatrix juga menjadi tuan rumah resepsi di museum nasional yang baru saja direnovasi, Rijksmuseum.

AMSTERDAM--Jalan-jalan di ibukota Belanda, Amsterdam, mulai berwarna oranye. Bangunan-bangunan di negara itu juga dihiasi dengan warna-warna bendera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News