Hari Kartini, Puan Maharani Sebut Anak Muda Hadapi 2 Pertarungan Penting

Hari Kartini, Puan Maharani Sebut Anak Muda Hadapi 2 Pertarungan Penting
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Talk Show memperingati Hari Kartini dengan tema: "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini" yang diselenggarakan oleh DPP PDIP, Rabu (21/4). Screenshot Zoom

jpnn.com, JAKARTA - Mengambil momentum perayaan Hari Kartini 2021, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak anak muda Indonesia tak menyerah dengan keadaan berat saat ini.

Kisah hidup Kartini dan perjuangannya yang tak mudah harus menjadi inspirasi, memperkuat nation and character building yang akan menjadi kekuatan utama melawan kekuatan robotisasi di masa kini.

Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan itu PDI Perjuangan itu mengatakan, generasi muda sedang menghadapi dua tantangan besar sekaligus.

Pertama adalah tantangan Pandemi Covid-19 yang telah memberikan beban berat dalam berbagai aspek kehidupan. Kedua, tantangan teknologi dengan adanya Revolusi Industri 4.0 yang menghadirkan tantangan bagi manusia dalam bentuk robotik, kecerdasan buatan, dan lain-lain.

Untuk yang kedua ini, bahkan kecerdasan baru itu dapat menggantikan peran manusia dalam menangani pekerjaan.

"Saya dapat membayangkan tekanan yang dihadapi generasi muda Indonesia saat ini," kata Puan dalam Talk Show memperingati Hari Kartini dengan tema: "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini" yang diselenggarakan oleh DPP PDIP, Rabu (21/4).

Puan mencontohkan para mahasiswa-mahasiswi yang baru saja lulus. Di saat-saat akhir ujian mereka di kampus selama setahun terakhir, banyak dilakukan secara daring yang memiliki tantangannya sendiri.

Lalu setelah melewati wisuda yang kemungkinan besar juga dilakukan secara virtual. Alumni lalu mencari kerja secara daring karena dibatasi secara fisik untuk berkeliling mengikuti wawancara kerja.

Mengambil momentum perayaan Hari Kartini 2021, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak anak muda Indonesia tak menyerah dengan keadaan berat saat ini. Puan menyebut ada dua tantangan bagi anak muda saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News