Hari Pertama Retreat di Akmil, Bahlil Kewalahan Bangun Pagi

Hari Pertama Retreat di Akmil, Bahlil Kewalahan Bangun Pagi
Jajaran Kabinet Merah Putih yang mengikuti retreat di Akademi Militer Magelang. Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com, MAGELANG - Jajaran kabinet yang mengikuti retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap kegiatan itu.

Kegiatan tersebut bukan hanya menguji fisik, tetapi juga mempererat ikatan antar anggota kabinet, menyelaraskan visi, dan membentuk kekompakan sebagai satu tim.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengaku kaget karena ada tantangan bangun pagi yang jarang dilakukannya.

“Bangun paginya itu agak repot saya, biasanya kan kami tidurnya jam 2, bangun jam 5 subuh, habis subuh tidur lagi kan, nanti bangun jam 7,” ucap Bahlil dalam keterangan dari Biro Pers Istana, Sabtu (26/10).

Namun, dia mengakui bahwa latihan disiplin itu baik untuk mengajarkan tanggung jawab dalam keadaan apapun dan berharap kegiatan serupa bisa diterapkan di kementeriannya.

“Nah ini tidak, kami tidurnya jam 2, jam 4 sudah bunyi. Tapi itu bagus bahwa hidup itu disiplin, tanggung jawab negara itu mau 2 jam, 1 jam tidur, begitu panggilan tugas, harus siap," lanjutnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menilai kegiatan tersebut sebagai langkah efektif dalam menyamakan frekuensi kerja para menteri di kabinet.

“Kesannya sangat baik, saya rasa ini adalah suatu langkah yang sangat efektif bagaimana kita di kabinet merah putih ini bisa menyamakan langkah dan frekuensi," ujar Dito.

Jajaran kabinet yang mengikuti retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap kegiatan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News