Hari Santri 2024, GP Ansor Gelar Apel Pasukan Bertabur Angka 8

Hari Santri 2024, GP Ansor Gelar Apel Pasukan Bertabur Angka 8
Pimpinan Pusat GP Ansor akan menggelar peringatan Hari Santri 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Hari Santri 2024 yang digelar oleh Pimpinan Pusat GP Ansor akan bertabur angka 8 untuk menyambut kepemimpinan baru di Republik Indonesia.

Apel Santri yang diagendakan digelar di Banten akan diikuti 8.888 personel di 8 titik di Banten.

Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharuddin menyatakan perayaan Hari Santri adalah bagian dari semangat masyarakat Indonesia mengenang sejarah monumental perjuangan para ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui resolusi jihad dan pertempuran 10 November di Surabaya.

“Tidak ada yang menafikan sejarah Hari Santri, dan ini akan selalu kami kenang sebagai perjuangan mempertahankan kedaulatan Republik dari tangan sekutu,” katanya.

Apel peringatan Hari Santri 2024 ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pengurus Wilayah GP Ansor Banten. Dalam acara ini sekaligus akan dilaksanakan pelantikan PC Ansor Pandeglang.

Menariknya, pelaksanaan Apel 8.888 santri ini digelar di 8 kabupaten/kota di Banten. Sementara para personel apel, berasal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) hingga majelis pengajian yang merupakan binaan kader Ansor Banten.

Addin menegaskan, perayaan Hari Santri tak sekedar ritual tahunan, melainkan bagian dari semangat masyarakat Indonesia mengenang sejarah monumental perjuangan para ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Tinggal hari ini bagaimana kita merayakannya dengan merekontektualisasi gerakan. Jika dulu mempertahankan kemerdekaan, maka sekarang menjaga dan mempertahankannya dengan beragam metode yang relevan,” ucapnya.

Peringatan Hari Santri 2024 yang digelar oleh Pimpinan Pusat GP Ansor akan bertabur angka 8 untuk menyambut kepemimpinan baru di Republik Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News