Hari Santri Nasional: Khofifah Ajak Masyarakat Perkuat NKRI & Meneladan Perjuangan KH Hasyim Asy'ari

Hari Santri Nasional: Khofifah Ajak Masyarakat Perkuat NKRI & Meneladan Perjuangan KH Hasyim Asy'ari
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk meneladan semangat perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Hasyim Asy'ari. Terutama dalam menjaga keutuhan dan persatuan Negara Republik Indonesia (NKRI). 

Khofifah menyampaikan itu saat membuka Jalan Sehat Peringatan Hati Santri Nasional 2024 di Madiun, Jawa Timur. 

Kehadiran Khofifah mendapat sambutan hangat ribuan masyarakat yang menunjukkan pose dua jari.

"Hari Santri adalah bagaimana peran pesantren dan para santri menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia yang baru diproklamasikan pada 17 Agustus 1945," kata Khofifah dalam keterangannya, Minggu (27/10).

Dia menilai semangat kemerdekaan yang tentunya telah sejak lama dikobarkan para pendiri Nahdlat Ulama (NU), termasuk K.H. Hasyim Asy'ari harus terus dicontoh. 

Hal demikian menjadi penting untuk mengingat jasa dari santri dan pondok pesantren. 

Menurut dia, jasa perjuangan dari santri dan kiai harus dihormati karena mereka turut andil dalam merebut kemerdekaan Indonesia pada 1945. Sehingga perayaan Hari Santri Nasional harus terus dirayakan bersama.

"Maka K.H. Hasyim Asy'ari mengajak santri dan seluruh pesantren bahwa membela kemerdekaan Republik Indonesia merupakan fardhu ain," ungkapnya.

HSN, Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk meneladan semangat perjuangan pendiri NU K.H. Hasyim Asy'ari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News