Hasil Survei Cawapres: Erick Thohir Naik, yang Lain Turun

Hasil Survei Cawapres: Erick Thohir Naik, yang Lain Turun
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiga nama teratas sebagai calon wakil presiden (cawapres) muncul dalam hasil survei Litbang Kompas yang digelar pada 27 Juli-7 Agustus 2023.

Ketiga nama itu ialah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri BUMN Erick Thohir yang memiliki elektabilitas dengan angka yang tidak terpaut jauh.

"Dengan proporsi keterpilihan yang terpaut sempit, kurang dari satu persen dan tentunya di bawah ambang margin error survei sebesar 2,6 persen, tiga figur bakal cawapres teratas ini bisa dikatakan tengah berada pada posisi seimbang," tulis Litbang Kompas, dikutip dari Harian Kompas edisi Selasa (22/8).

Data hasil survei menunjukkan tren penurunan elektabilitas terhadap Kang Emil dan Sandiaga Uno.

Elektabilitas Emil pada Agustus yang sebesar 8,4 persen turun dari hasil survei Litbang Kompas pada Mei 2023 yang sebesar 9,3 persen dan anjlok cukup dalam dari survei pada Januari 2023 yang sebesar 10,1 persen.

Penurunan yang sama pun terjadi pada elektabilitas Sandiaga yang pada Januari tercatat sebesar 12,4 persen, kemudian turun pada Mei dengan 11,9 persen dan pada Mei menjadi hanya 8,2 persen.

"Tingkat keterpilihan untuk keduanya selama kurun 2023 terbaca mengalami penurunan," tulis Litbang Kompas.

Berbeda dengan kedua tokoh tersebut, hasil survei Litbang Kompas mencatat tren elektabilitas justru terus mengalami pertumbuhan yang positif dengan tingkat keterpilihan yang kian meningkat.

Sejumlah tokoh masuk dalam bursa cawapres, meski tidak memiliki elektabilitas setinggi Erick Thohir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News