Hasil Tes Pilot Positif Narkoba, Presdir AirAsia Sebut Efek Obat Flu

Hasil Tes Pilot Positif Narkoba, Presdir AirAsia Sebut Efek Obat Flu
Ilustrasi. FOTO: ist

jpnn.com - JAKARTA - Belum tuntas pencarian penumpang pesawat yang jatuh di perairan Laut Jawa, AirAsia kembali disorot. Pilot maskapai penerbangan asal negeri jiran Malaysia itu yang berinisial FI terindikasi positif menggunakan narkoba jenis morfin. 

Staf Khusus Menteri Perhubungan (Menhub) Hadi M. Djuraid memaparkan temuan tersebut kemarin.

Hasil tes pilot AirAsia berinisial FI itu diperoleh kemarin (1/1) setelah yang bersangkutan menjalani pemeriksaan urine rutin oleh Tim Balai Kesehatan Penerbangan serta Tim Direktorat Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub di Bandara Ngurah Rai. 

Pemeriksaan dilakukan sesaat setelah yang bersangkutan mendarat pukul 08.50 Wita di Bandara Ngurah Rai dari Bandara Soekarno-Hatta dengan nomor penerbangan QZ7510. "Semula yang bersangkutan akan kembali ke Jakarta pada pukul 09.20 WIB dengan penerbangan QZ7511. Tapi, atas temuan (hasil tes) tersebut, pilot FI dilarang terbang," papar Hadi saat dihubungi kemarin. 

Hadi melanjutkan, terkait dengan hasil tes tersebut, pilot senior AirAsia itu segera dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub di Kemayoran, Jakarta Pusat. Menurut rencana, pemeriksaan lanjutan berlangsung hari ini. 

"Karena hasil sampel menunjukkan positif morfin, dilarang untuk terbang dan kemudian yang bersangkutan diterbangkan ke Jakarta. Besok (hari ini, Red) akan menjalani pemeriksaan lagi di Balai Kesehatan Penerbangan milik Kemenhub," lanjutnya. 

Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widiyatmoko saat dikonfirmasi di Surabaya membenarkan temuan tersebut. Menurut dia, temuan itu dihasilkan dari tes pre-elementary

Dia mengaku akan melakukan tes lanjutan yang lebih detail untuk memastikan temuan tersebut. Pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional dan Rumah Sakit Ketergantungan Obat.

JAKARTA - Belum tuntas pencarian penumpang pesawat yang jatuh di perairan Laut Jawa, AirAsia kembali disorot. Pilot maskapai penerbangan asal negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News