Hiu Ternyata Lebih Pintar dari Dugaan Manusia

Hiu Ternyata Lebih Pintar dari Dugaan Manusia
Hiu Ternyata Lebih Pintar dari Dugaan Manusia
Hiu Ternyata Lebih Pintar dari Dugaan Manusia

Para ahli menyebut bahwa hiu ternyata lebih pintar dan lebih kompleks dari yang manusia perkirakan dan memiliki kesadaran yang mengesankan tentang lingkungan mereka.

Lebih dari 250 pakar hiu dan biologi ikan terkemuka di Australia berkumpul di Hobart untuk mengikuti konferensi empat hari, yang diselenggarakan oleh Masyarakat Biologi Ikan Australia dan Masyarakat ‘Chondrichthyan’ Oceania.

Peneliti dari Universitas Australia Barat, Kara Yopak, menampilkan hasil penelitiannya tentang penggunaan anatomi otak untuk memahami kemampuan kognitif pada hiu.

Dr Kara mengatakan, ada kesalahpahaman umum bahwa ‘hiu dianggap sebagai mesin pemakan berotak kecil’.

"Mereka sebenarnya merupakan spesies yang berotak relatif besar dan mereka mampu menjangkau berbagai macam perilaku kompleks yang luar biasa," jelas Kara Yopak.

Bagian dari penelitiannya melibatkan perbandingan otak hiu dengan mamalia, termasuk manusia.

"Ada sejumlah kesamaan yang akan saya katakan bermula -setidaknya –sejak awal kemunculan hiu dan kemudian terbawa melalui evolusi vertebrata ke otak kita sendiri," terang Dr Kara.

Ia mengatakan, otak hiu bervariasi di seluruh spesies yang berbeda, yang menimbulkan keraguan atas efektivitas satu solusi untuk mengatasi hiu.

Para ahli menyebut bahwa hiu ternyata lebih pintar dan lebih kompleks dari yang manusia perkirakan dan memiliki kesadaran yang mengesankan tentang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News