Hotel Bintang 5 di Perth Banting Harga Karena Kompetisi

Hotel Bintang 5 di Perth Banting Harga Karena Kompetisi
Hotel Bintang 5 di Perth Banting Harga Karena Kompetisi

Diskon besar-besaran di sejumlah hotel terbaik di Perth, Australia Barat, di tengah maraknya akomodasi baru dan persaingan dari situs Airbnb, telah menyebabkan harga kamar di hotel bintang lima tersebut menukik tajam hingga $ 127 (atau setara Rp 1,27 juta) per malam.

Data yang dikeluarkan oleh perusahaan data pasar hotel, STR, itu menunjukkan tingkat permintaan rata-rata harian di Perth telah turun 8 persen menjadi $ 168 (atau setara Rp 1,68 juta) per malam, dibandingkan dengan $ 223 (atau setara Rp 2,23 juta) per malam di Sydney dan $ 182 (atau setara Rp 1,82 juta) per malam di Melbourne.

Kondisi itu sangat kontras dengan puncak ledakan pertambangan di tahun 2012, ketika tingkat permintaan rata-rata di Perth adalah $ 300 (atau setara Rp 3 juta) per malam dan tingkat hunian mencapai 90 persen.

Serangkaian pembangunan hotel baru yang dibuka baru-baru ini di Perth, termasuk hotel Crown Towers dan InterContinental, telah menambah kompetisi itu.

Pada saat yang sama, data yang baru-baru ini dikeluarkan oleh lembaga Bankwest Curtin Economics Center menunjukkan, jumlah sewa kamar/properti di Airbnb telah melonjak tajam -naik 50 persen menjadi lebih dari 8.000 pendaftar dalam beberapa tahun terakhir.

Lebih banyak hotel juga selesai dibangun di Perth. Mereka termasuk Ritz-Carlton di kawasan Elizabeth Quay, hotel Westin di pusat kota Perth dan Courtyard by Marriott.

Perkembangan tersebut akan menambah 3.000 kamar lagi, atau 48 persen dari persediaan saat ini, ke pasar Perth dalam beberapa tahun ke depan.

Hotel Bintang 5 di Perth Banting Harga Karena Kompetisi
Hotel Westin yang berbintang 5 ini dibangun di belakang stasiun pemadam kebakaran tua di Perth.

Supplied

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News