Hubungan Australia-Indonesia Sudah Cair Kembali

Hubungan Australia-Indonesia Sudah Cair Kembali
Hubungan Australia-Indonesia Sudah Cair Kembali

Hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Australia tampaknya sudah cair kembali - menyusul ketegangan karena adanya eksekusi terhadap dua terpidana mati Bali Nine. Pejabat kedua negara sudah saling mengunjungi, dan berita pertemuan mereka ditampilkan terbuka untuk umum.

Mencairnya hubungan tersebut ditandai dengan pertemuan informal antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan sejawatnya dari Australia Julie Bishop di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri ASEAN di Kuala Lumpur 6 Agustus lalu.

Dan pekan ini, Menteri Kehakiman Australia Michael Keenan berada di Jakarta dan menjadi pejabat pertama setingkat menteri yang mengunjungi Indonesia setelah eksekusi Bali Nine bulan April lalu.

Menteri Keenan hari Rabu (19/8/2015) bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam pertemuan tersebut, Wapres JK mengatakan hubungan kedua negara sekarang dalam keadaan yang jauh lebih baik dibandingkan beberapa bulan lalu.

Hubungan Australia-Indonesia Sudah Cair Kembali
Menteri Kehakiman Australia Michael Keenan bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla hari Rabu (19/8/2015) di Jakarta. (Foto: @DubesAustralia/istimewa))

 

Menteri Keenan berada di Indonesia sebagai utusan Perdana Menteri Tony Abbott guna membicarakan peningkatan kerjasama kedua negara dalam masalah pemberantasan terorisme.

Indonesia akan berpartisipasi dalam sebuah konferensi internasional mengenai terorisme yang diselenggarakan di Australia, bulan November mendatang.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Australia tampaknya sudah cair kembali - menyusul ketegangan karena adanya eksekusi terhadap dua terpidana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News