Hujan Deras, Katulampa Siaga III

Hujan Deras, Katulampa Siaga III
Hujan Deras, Katulampa Siaga III
BOGOR - Hujan deras yang hampir setiap hari mengguyur Bogor dan sekitarnya sejak beberapa hari lalu, sempat membuat Pintu Air Katulampa mengalami siaga III. Pasalnya, ketinggian air sempat mencapai 100 sentimeter pada pukul 01:00. Hal ini membuat petugas pintu air waspada akan datangnya banjir.

Namun, menjelang pagi hari ketinggian berangsur-angsur turun dan kembali normal dengan angka 40 sentimeter karena intensitas hujan tidak begitu besar. Meski begitu, persiapan yang dilakukan petugas dalam mengantisipasi banjir tetap dilakukan sejak dini.

“Dinihari tadi (kemarin, red), status sempat siaga tiga karena hujan deras mengguyur Bogor pada malam hari. Seluruh petugas jaga disiagakan untuk mengantisipasi luapan air yang turun dari hulu Sungai Ciliwung di Puncak,” kata penjaga Pintu Air Katulampa, Andi Sudirman kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia menjelaskan, peningkatan status dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Jika hanya hujan lokal maka tidak akan berpengaruh terhadap ketinggian air. Namun, jika hujan merata di seluruh Bogor mulai dari Puncak, bisa dipastikan ketinggian air akan meluap dengan cepat. “Agar bisa terus kami pantau, telah dipasang alat pendeteksi yang jika melebihi batas normal akan mengeluarkan bunyi mirip alarm,” imbuhnya.

BOGOR - Hujan deras yang hampir setiap hari mengguyur Bogor dan sekitarnya sejak beberapa hari lalu, sempat membuat Pintu Air Katulampa mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News