Hujan Lebat Diprediksi Terjadi Hingga Sepekan ke Depan

Hujan Lebat Diprediksi Terjadi Hingga Sepekan ke Depan
Hujan Lebat Diprediksi Terjadi Hingga Sepekan ke Depan

jpnn.com - JAKARTA - Hujan lebat diperkirakan akan terus menghujani sebagian besar wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan. Deputi Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Widada Sulistya mengatakan situasi ini merupakan imbas dari pusaran angin yang ada di Laut Arafura, yang terletak antara perairan Papua dan Australia.

Menurutnya, ada beberapa wilayah yang memiliki potensi paling besar untuk diguyur hujan. Yaitu meliputi sepanjang pantura Jawa, kalimantan bagian selatan, Sumatra bagian barat dan Nusa Tenggara Timur.

Hal itu dikarenakan pusaran angin yang terjadi di Laut Arafura telah membentuk penumpukan masa udara (konvergensi) yang memanjang dari Sumatra bagian selatan sampai Nusa Tenggara Timur. Kondisi itu mengakibatkan daerah konvergensi tersebut berpotensi hujan lebat kadang disertai angin kencang.
 
"Secara umum semua wilayah Indonesia berpotensi hujan pada Januari ini, tapi wilayah tersebut memiliki potensi lebih tinggi," tutur Widada saat dihubungi kemarin.

Kondisi ini, lanjut Widada, masih bisa berubah tergantung perkembangan pusaran angin yang terjadi di Arafura. Karenanya belum juga bisa dipastikan bahwa hujan akan terjadi sepanjang hari dan full dalam sepekan ke depan.

"Belum tentu sepanjang hari dan sepanjang minggu, ada kemungkinan juga panas. Tapi hal ini terhantung sekali dengan pusaran yang terjadi di Australia," ungkapnya.

Melihat perkiraan cuaca ini, pihaknya menghimbau masyarakat untuk lebih waspada. Terutama bagi untuk kegiatan di laut, sebab kemungkinan angin kencang dan gelombang tinggi dapat terjadi di beberapa perairan di Indonesia.

Masyarakat juga dihimbau untuk terus memperhatikan update info cuaca melalui media, baik televisi, radio, surat kabar maupun Internet. "Kondisi ini harus kita waspadai sampai bulan Maret 2014 nanti," ujarnya.

Menurut laporan yang diterimanya, beberapa wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta beberapa wailayah Jawa diguyur hujan seharian. Bahkan genangan-genangan air di wilayah Jakarta dan Bekasi sudah terbentuk akibat hujan yang cukup deras seharian. (mia)


JAKARTA - Hujan lebat diperkirakan akan terus menghujani sebagian besar wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan. Deputi Klimatologi Badan Meteorologi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News