Hujan, Tanggul Lumpur Akan Jebol

Pemprov Lobi Warga agar Lepas Lahan untuk Kolam Baru

Hujan, Tanggul Lumpur Akan Jebol
Hujan, Tanggul Lumpur Akan Jebol
SURABAYA - Bukan hanya warga di sekitar kolam lumpur Lapindo yang jantungnya berdegup kencang menjelang datangnya musim hujan. Para pejabat Pemprov Jatim pun tidak kalah cemas. Sebab, kemungkinan jebolnya tanggul di dekat Jalan Raya Porong, Sidoarjo, itu sudah sangat besar. "Kolamnya sudah miring ke barat dan utara," kata Wagub Jatim Saifullah Yusuf kemarin.

Kondisi seperti itu makin mengerikan dengan kenyataan bahwa bagian atas tanggul yang terlihat kering, namun di bagian bawah sangat basah. Hal itu sangat rentan bila terjadi hujan dengan curah cukup tinggi. "Bisa jebol berkali-kali tanggulnya," tuturnya.

Saifullah mengatakan, bukan tidak mungkin, Jalan Raya Porong akan berkali-kali ditutup karena tanggul jebol. "Juga rel KA-nya. Ini harus segera dicarikan solusi. Kekhawatiran kami adalah kekhawatiran kondisi teknis," terangnya. 

Satu-satunya solusi adalah meminta kesadaran warga di sisi utara dan selatan untuk melepas lahannya demi pembuatan kolam baru. "Agar bisa menampung lumpur yang terus keluar. Tanggul yang ada sekarang ini sudah tak bisa bertahan lebih lama lagi," tambah Saiful.

SURABAYA - Bukan hanya warga di sekitar kolam lumpur Lapindo yang jantungnya berdegup kencang menjelang datangnya musim hujan. Para pejabat Pemprov

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News