IAPI Gelar Pendidikan dan Sertifikasi Ahli Keuangan Investigator, Ini Tujuannya

IAPI Gelar Pendidikan dan Sertifikasi Ahli Keuangan Investigator, Ini Tujuannya
Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja menyerahkan cenderamata kepada Neva Sari Susanti mewakili Jampidum Kejagung, Senin (14/10/2024). Foto: IAPI

jpnn.com - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan bangga menyelenggarakan Pendidikan dan Sertifikasi Jasa Investigasi Batch ke-7 pada 14-18 Oktober 2024 di Hotel Sentral Cawang, Jakarta.

Kegiatan itu bertujuan untuk memperkuat keahlian para peserta dalam bidang investigasi keuangan. Tercatat sebanyak 59 peserta mengikuti program ini, menandakan antusiasme dan kebutuhan akan sertifikasi profesional di bidang investigasi keuangan.

Pendidikan sertifikasi ini dirancang secara khusus untuk mencetak para ahli investigasi keuangan yang berkompeten dan berintegritas, sesuai dengan Standar Jasa Investigasi (SJI) yang telah diterbitkan.

Selama lima hari, peserta mengikuti rangkaian Workshop yang mencakup materi penting seperti pemeriksaan investigatif, perhitungan kerugian negara/keuangan negara, dan penggunaan keterangan ahli.

Program ini diakhiri dengan ujian dan sesi Role Play menantang yang menghadirkan hakim dan pengacara sungguhan, untuk memastikan para peserta benar-benar memahami dan dapat

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung (Kejagung) Asep Nana Mulyana dalam sambutannya yang disampaikan Neva Sari Susanti selaku koordinator pada Jampidum, berharap makin banyak lagi lahir para akuntan publik sebagai investigator yang akan memudahkan jaksa mendapatkan alternatif ahli investigasi dari yang sudah ada saat ini.

"Hal lainnya adalah akan memudahkan pekerjaan jaksa seperti mempercepat perolehan perhitungan kerugian keuangan negara, atau memperoleh alat bukti guna pembuktian di persidangan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan kegiatan tersebut yang tidak hanya berhasil meluluskan para ahli investigasi keuangan yang kompeten, tetapi juga telah memperkuat standar profesionalisme di bidang audit investigatif.

Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan bangga menyelenggarakan Pendidikan dan Sertifikasi Jasa Investigasi Batch ke-7 pada 14-18 Oktober 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News