ICW : DPR Tak Pernah Jera

ICW : DPR Tak Pernah Jera
ICW : DPR Tak Pernah Jera
JAKARTA- Penangkapan Abdul Hadi Jamal menambah panjang daftar anggota DPR RI yang tertangkap tangan menerima suap oleh KPK. Sebelum dia, dua notorious (beken karena keburukannya)  asal DPR adalah Al Amin Nur Nasution dan Bulyan Royan. Ini adalah bukti kuat para wakil rakyat yang berkantor di kawasan Senayan tersebut tak pernah takut apalagi jera. Versi Indonesia Corruption Watch (ICW), aksi penerimaan suap jadi kebutuhan anggota DPR terlebih menjelang pemilu kegislatif, April nanti.

"Karena kebutuhan dana begitu kuat, mereka tak lagi punya ketakutan psikologis. Di daerah, modusnya mendesak anggaran aspirasi dicairkan sesegera mungkin," ungkap Adnan Topan Husodo, wakil koordinator ICW.

Kecenderungan serupa, lanjut Adnan, dilakukan pula oleh kepala daerah yang nyaleg. Terus menjamurnya aksi penyuapan, tambah dia, tak terlepas dari makin kuatnya kewenangan DPR untuk mengawasi anggaran. Badan Kehormatan DPR juga dinilai ICW kurang bisa mengawasi anggotanya.

Pasalnya, BK tak bisa menindaklanjuti suatu dugaan penyimpangan yang dilakukan anggota DPR, sebelum adanya laporan. "Sehingga sanksinya sering dijatuhkan setelah kasusnya berkekuatan hukum tetap," tandasnya. menurut Adnan, solusi ada pada partai yakni dengan lebih selektif dalam menjaring calon anggota DPR.(pra)

JAKARTA- Penangkapan Abdul Hadi Jamal menambah panjang daftar anggota DPR RI yang tertangkap tangan menerima suap oleh KPK. Sebelum dia, dua notorious


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News