Ide Riverway Ridwan Kamil Dinilai Sangat Mungkin Diterapkan di Jakarta

Ide Riverway Ridwan Kamil Dinilai Sangat Mungkin Diterapkan di Jakarta
Ridwan Kamil blusukan ke wilayah Jalan Pancoran Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (26/9). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil menuai sorotan usai berencana menjadikan sungai di Jakarta sebagai jalur transportasi atau river way. Adapun kaingin ini disampaikan dalam debat perdana Pilkada Jakarta Minggu 6 Oktober 2024.

Meski menuai kontra, bahkan mendapatkan cibiran dari calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno, rencana river way disebut masih realitis.

"Gagasan dari cagub Ridwan Kamil realistis untuk dilaksanakan, karena semua sudah ada pengalamannya di masa lalu atau sekarang sedang berlangsung. Gagasan untuk membangun transportasi air itu sudah punya pijakannya pada masa Gubernur Sutiyoso," kata Ketua Inisiatif Strategis untuk Transportasi (INSTRAN) Darmaningtyas saat dikonfirmasi, Jumat (12/10).

Dia menyadari meski sudah digagas Sutiyoso dan tak berlanjut, pengembangan angkutan sungai sudah ada dalam Pola Transportasi Makro (PTM), jadi tidak mengada-ada dan berarti landasan hukumnya sudah cukup kuat, tinggal mengimplementasikan saja.

"Memang dibutuhkan investasi yang besar untuk membenahi Sungai di Jakarta. Tapi itu lebih baik sekaligus menjadi peluang untuk membenahi sungai-sungai di Jakarta agar terpelihara dengan baik," jelas Darmaningtyas.

Menurut dia, syarat untuk dapat terwujudnya transportasi air adalah debit Sungai harus cukup memadai dan stabil. Memadai dalam arti bisa untuk jalannya perahu dan stabil.

Ini butuh pengelolaan Sungai yang optimal agar pada musim kemarau debit tetap stabil, tapi pada musim penghujan juga tidak meluber sehingga transportasi air tetap berfungsi dengan baik.

"Tapi ini mestinya untuk Jakarta tidak masalah karena debit air sebetulnya dapat dibuat, misalnya dengan membersihkan dan mengeruk sungai agar kedalamannya merata, lalu dikendalikan di pintu air agar saat kemarau tidak terjadi kekeringan, tapi saat penghujan tidak meluber. Kanan kiri sungai dibersihkan, sehingga menjadi lingkungan yang tertata rapi dan menarik. Ini juga dapat membuka lapangan kerja baru," ungkap Darmaningtyas.

Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil menuai sorotan usai berencana menjadikan sungai sebagai jalur transportasi atau riverway

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News