IDU, Konsentrasi Startegi Pertahanan

IDU, Konsentrasi Startegi Pertahanan
IDU, Konsentrasi Startegi Pertahanan

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Juwono Sudarsono mengemukan, visi perguruan tinggi Indonesian Defense University (IDU) atau Universitas Pertahanan Indonesia ialah menjadi sebuah lembaga yang terpandang di kawasan Asia Pasifik.

 

“IDU bergerak di bidang pendidikan, riset, dan outreach dengan konsentrasi pada studi dan kajian-kajian strategis pertahanan,” tegasnya.

Dia menyebut, misi IDU menjadi universitas yang mempersiapkan kader-kader pemimpin nasional baik yang berasal dari komponen militer maupun sipil. “Itu dipersiapkan untuk menghadapi sejumlah tantangan di bidang pertahanan dan keamanan, serta isu strategis dunia lainnya melalui program pendidikan multi-disiplin secara komprehensif, pertukaran profesional, riset, dan outreach,” papar Juwono.

 

Universitas yang mulai dimatangkan pada Januari 2008 oleh Dephan itu, mendapat dukungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan jajaran Kabinet Indonesia Bersatu. “Awalnya karena diidentifikasi adanya kebutuhan untuk peningkatan kemampuan sumber daya manusia TNI secara menyeluruh, guna meningkatkan kualitas pendidikan militer yang ada saat ini dengan sebuah tujuan jangka panjang.”

 

Menurut dia, transformasi TNI menjadi sebuah institusi yang modern, relevan, dan profesional. Itu merupakan bagian penting dalam kebijakan reformasi di sekitar pertahanan dan keamanan. “Dari tiga program studi utama pasca, SSPS/NWC, Sesko TNI/JFSC, serta SKPS/IDSS, Universitas Pertahanan Indonesia berwenang memberikan gelar Master of Defense Studies kepada lulusan dari salah satu program-program IDU,” imbuhnya.

JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Juwono Sudarsono mengemukan, visi perguruan tinggi Indonesian Defense University (IDU) atau Universitas Pertahanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News