Ilmuwan Temukan Antibodi untuk Obati Kanker Darah

Ilmuwan Temukan Antibodi untuk Obati Kanker Darah
Ilmuwan Temukan Antibodi untuk Obati Kanker Darah
LONDON  - Para peneliti di Universitas Lund, Swedia, menemukan bahwa sebuah antibodi yang mampu membunuh sel-sel tumor, sehingga bisa menjadi kunci untuk mengobati multiple myeloma atau kanker darah. Hingga saat ini memang belum ada cara pengobatan kanker darah  selain terapi.

"Kami menguji antibodi dalam berbagai cara, termasuk pada sel tumor dari pasien myeloma yang telah ditransplantasikan ke tikus. Tes menunjukkan bahwa antibodi mampu menghancurkan sel-sel myeloma," kata Markus Hansson, seorang peneliti di Universitas Lund di Swedia, seperti dilansir laman Post.Jagran.com, Kamis (16/5).

Dengan menggunakan ribuan antibodi dari perusahaan BioInvent di Lund, tim mengasingkan antibodi BI-505. Ternyata upaya itu terbukti memiliki efek yang kuat pada sel-sel tumor kanker.

Saat ini, memang ada sejumlah obat untuk mengobati multiple myeloma (kanker darah), tetapi sifatnya tidak menyembuhkan. Tidak ada obat yang mampu memberantas penyakit tersebut. Walaupun pasien telah menjalani berbagai terapi, mereka hanya bisa bertahan hidup kurang dari lima tahun.

LONDON  - Para peneliti di Universitas Lund, Swedia, menemukan bahwa sebuah antibodi yang mampu membunuh sel-sel tumor, sehingga bisa menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News