ILUNI UI Sebut Dana Abadi jadi Solusi Mendukung Pembiayaan Pendidikan Tinggi

ILUNI UI Sebut Dana Abadi jadi Solusi Mendukung Pembiayaan Pendidikan Tinggi
Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menyampaikan pandangan terkait dana abadi pendidikan dari hasil survei terhadap mahasiswa aktif dan dosen UI. Foto: dok ILUNI UI

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menyampaikan pandangan terkait dana abadi pendidikan dari hasil survei terhadap mahasiswa aktif dan dosen UI.

Hal itu disampaikan ILUNI UI saat dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama tiga Ikatan Alumni (IKA) Perguruan Tinggi lainnya dan Panitia Kerja (Panja) Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI bertempat di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara I pada Rabu, 3 Juli 2024.

Rapat tersebut mengangkat pandangan dan usulan masing-masing perwakilan ikatan alumni terhadap arah kebijakan pendidikan nasional saat ini dan ke depan, serta pandangan dan gagasan reformulasi anggaran pendidikan, termasuk strategi pembiayaan pendidikan.

Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam menyampaikan bahwa pentingnya sinergi antarperguruan tinggi.

ILUNI UI pun mengusulkan peningkatan kompetisi sehat antar universitas, misalnya mempertandingkan proposal dalam kompetisi penerimaan dana bantuan (hibah) dan juga perguruan tinggi perlu bekerja sama dan saling bersinergi dalam penelitian, memanfaatkan teknologi, forum diskusi dan lain sebagainya.

“ILUNI UI menegaskan pentingnya dukungan Komisi X DPR RI terhadap regulasi insentif keringanan pajak dalam bentuk tax deductibility atas donasi yang diberikan oleh wajib pajak perseorangan/perusahaan untuk menumbuhkembangkan dana abadi dan donasi lainnya bagi perguruan tinggi,” ujar Didit.

ILUNI UI memahami bahwa dana yang berasal dari APBN dan APBD tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan perguruan tinggi di Indonesia.

Di samping bantuan pemerintah Perguruan Tinggi harus aktif mencari alternatif sumber pembiayaan lainnya dan bantuan dari berbagai pihak dan mengelola dana abadi dan donasi dengan baik.

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menyampaikan pandangan terkait dana abadi pendidikan dari hasil survei terhadap mahasiswa aktif dan dosen UI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News