Implan Satu Batang, Alat Kontrasepsi yang Nyaman

Implan Satu Batang, Alat Kontrasepsi yang Nyaman
Implan Satu Batang, Alat Kontrasepsi yang Nyaman

jpnn.com - JAKARTA -- Kontrasepsi implan satu batang dinilai lebih mudah dan efektif, dibanding metode kontrasepsi lainnya, semisal spiral (IUD).

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Julianto Witjaksono meyakni, salah satu jenis alat kontrasepsi jangka panjang itu digemari akseptor dan bidan.

"Dibanding alat kontrasepsi lain yang memiliki metodologi jangka panjang seperti IUD atau spiral, proses pemasangan implan satu batang lebih mudah dan efektif," ujar Julianto Witjaksono.

Dijelaskan, alat kontrasepsi yang mulai ada sejak 1967 itu berbentuk mirip korek api, mengandung hormon progestin.

Pada 1983, implan pertama kali dipasarkan di tanah air yang terdiri dari dari enam batang. Pada 2000, generasi baru muncul, yakni hanya satu batang. Pada awal 2010, implan satu batang mulai dilirik karena harganya lebih terjangkau.

"Metode ini juga efektif mencegah kehamilan selama kurang lebih 3 sampai dengan 5 tahun," sambungnya.

Saat ini BKKBN tengah melakukan sinkronisasi program pencapaian pembangunan milenium (MDGs) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) pada 2014 lewat program Keluarga Berencana (KB).

BKKBN menilai, alat KB berupa pil dan suntik sifatnya jangka pendek dan kerap gagal. Sementara untuk implan pemerintah saat ini menjalankan program implan satu batang di 10 daerah percontohan, yakni Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, Lampung, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

JAKARTA -- Kontrasepsi implan satu batang dinilai lebih mudah dan efektif, dibanding metode kontrasepsi lainnya, semisal spiral (IUD). Deputi Bidang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News