Impor Beras Distop asal Produksi Naik 5 Persen

Impor Beras Distop asal Produksi Naik 5 Persen
Impor Beras Distop asal Produksi Naik 5 Persen
PENINGKATAN - produksi padi menjadi syarat mutlak agar kebutuhan beras di dalam negeri tercukupi sehingga tidak diperlukan lagi impor. Dari hitungan Perum Bulog, impor beras baru bisa distop jika rata-rata produksi padi meningkat sebesar lima persen.

---------

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso yang mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, produksi padi memang naik sebesar 4,87 persen atau meningkat 68,96 juta ton gabah kering (GKG) alias ada kenaikan padi sebanyak 3,2 juta ton. Hanya, bila dihubungkan dengan produksi tahun lalu justru turun 1,07 persen.’’Sehingga rata-rata peningkatan produksi selama dua tahun terakhir ini hanya 1,9 persen,” kata Sutarto di Jakarta kemarin.

 

Pada 2009 lalu, produksi padi naik 6,7 persen dan penyerapan beras oleh Bulog sekitar 3,5 juta ton. Sedangkan, produksi padi pada 2007 naik 4,96 persen dan naik 5,4 persen pada 2008. Bulog pun tak lagi impor lantaran stok beras mencukupi.

 

Dia menambahkan, kendati saat ini musim tanam gadu, pihaknya terus berupaya melakukan penyerapan beras petani. Realisasi pengadaan beras oleh Bulog pada Januari-Oktober 2012 tercatat telah mencapai 3,45 juta ton dan ditargetkan hingga akhir 2012 ini sebanyak 3,6 juta ton. Angka ini, kata dia, justru lebih tinggi daripada penyerapan pada 2009.

PENINGKATAN - produksi padi menjadi syarat mutlak agar kebutuhan beras di dalam negeri tercukupi sehingga tidak diperlukan lagi impor. Dari hitungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News